Samama Merah

Samama si Jabon Merah

(Anthocepalus macrophylus)

Jabon Merah (anthocephalus macrophyllus) saat ini mungkin belum terlalu popoler dan masih sulit dicari di pasaran. Jabon merah merupakan pohon kayu dengan bentuk batang lurus yang bebas cabang mencapai 70%-80%. Ciri khas pohon ini adalah kemampuan untuk menggugurkan daun bagian bawah (absisi) sehingga dapat tumbuh lurus meninggi tanpa percabangan.

Keunggulan pohon ini yang memiliki nama populer lain ‘samama merah’ adalah tekstur kayunya yang halus dan arah serat kayunya yang lurus. Warna kayunya yang merah juga tergolong unik. Tergolong pada kelas kayu kuat II sampai III. Dari sisi keawetan (kemampuan untuk bertahan dari hama secara alamiah), termasuk golongan kelas IV dan dari sisi keterawetan (kemampuan pori-pori kayu untuk menyerap bahan pengawet) tegolong sedang.

Dibandingkan dengan jabon putih dan sengon, kekuatan dan keawetan kayu ini lebih baik.Pohon ini tumbuh dengan baik pada lokasi dengan ketinggian 50-1000m di atas permukaan laut. Daya tumbuh di lahan kritis juga cukup baik, bahkan bisa dijadikan sebagai buffer zone untuk kepentingan konservasi atau daerah penyangga berkat akarnya yang dalam. Suhu ideal adalah antara 18-33 derajat celcius. Pertumbuhan kayu merah ini termasuk cepat, bahkan mampu menyaingi kecepatan tumbuh pohon jenis sengon (albasia). Rata-rata usia panen adalah empat hingga lima tahunan dengan diameter 20-30cm.

Dengan warnanya yang merah serta teksturnya yang halus, kayu ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku plywood, furniture, kayu lapis (vinir), aksesoris rumah dan lain lain. Saat ini bibit pohon jabon merah dengan ukuran 25-30 cm dapat anda dapatkan di wilayah Bogor. Untuk pemesanan, dapat dilakukan melalui email : osel.bogor@gmail.com. Pemesanan minimal 10.000 bibit pohon. Untuk wilayah pulau Jawa, pesanan akan diantar ke tempat. Untuk pesanan di luar pulau Jawa, pengiriman dilakukan hingga pelabuhan terdekat di pulau Jawa. Harga penjualan sudah termasuk biaya konsultasi untu proses penanaman dan pertubuhan bibit.

Jabon Merah (Samama) merupakan salah satu andalan tanaman yang tumbuh cepat (fast growing species) di Sulawesi dan Maluku. Tinggi tanaman mencapai 40 meter dengan batang bundar dan tegak lurus dengan lingkar batang mencapai 150 cm (diameter 40-50 cm). Samama merupakan tanaman pioner yang toleran cahaya sehingga dapat hidup dibawah naungan sekalipun. Dapat hidup di ketinggian 100-1000 mdpl dan yang terpenting adalah tanaman ini siap panen pada umur 6 sampai 10 tahun.

Perbedaan warna daun bibit Jabon Putih dan Jabon Merah

Pada umur 10 tahun rata-rata volume dalam satu pohon adalah 0,8 – 1,0 m3 bahkan bisa lebih untuk perawatan maksimal. Samama mampu berkembang biak secara dominan. Perbanyakan dapat dibuat dengan cabutan/anakan di hutan, untuk membuat bibit dalam jumlah besar bisa dengan menyemaikan biji. Menurut pengalaman kami dalam penaburan 200 gram saja bisa menghasilkan 100.000 bibit.

Pohon Samama yang masih berdiri tegak

Samama merah umur panen adalah 5-6 tahun (diameter 50-60cm) hingga 7-10 tahun (diameter 80-120cm).
Tinggi pohon 80% batang lurus, sisanya 20% adalah cabang. Dari satu pohon bisa menghasilkan 0,8 kubik hingga 1,8 kubik kayu pada usia ideal panen.

Hasil pengujian di laboratorium berat jenis (density) Samama adalah 0,44 – 0,51 atau sedikit lebih tinggi diatas Jabon Putih. Warna kayu adalah kemerah-merahan menyerupai kayu meranti dari Kalimantan.

Log Samama hasil panen

Keunggulan Samama:

  • Kemampuan menahan dan menyimpan air sangat tinggi sehingga cocok untuk menahan tanah dari bahaya erosi
  • Mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah besar
  • Dapat dibuat veneer dengan standar pasar Timur Tengah, Korea Selatan, Eropa dan Amerika Serikat
  • Dapat dibuat veneer untuk Face-Back pada produk plywood menggantikan meranti dan kayu alam lainnya
  • Log dapat dikupas dengan rotary sederhana (Cina), konvensional (Uroko Jepang) dan digital (Finlandia) dan menghasilkan veneer kualitas prima
  • Dapat dipakai untuk perkakas rumah tangga, bahan bangunan dan pertukangan
  • Pengolahan veneer untuk plywood tidak ada masalah saat proses di hot press, cold press sampai finishing.
  • Kualitas kayu samama jauh lebih baik daripada sengon dan benuang

Manfaat lain dari Samama:

Selain diambil kayunya, kulit kayu Samama dapat dipakai obat yang berkhasiat untuk:

  • Penambah stamina
  • Mengurangi rasa lelah
  • Penurun kolesterol
  • Penyubur kandungan

Cara mengolah untuk obat:

  • Kulit kayu Samama dicuci bersih kemudian dipotong 1 x 3 cm lalu dijemur sampai kering
  • Jika ingin digunakan ambil 5-7 potong kemudian diseduh dengan air mendidih 1 gelas
  • Biarkan sampai hangat
  • Diminum pagi atau sore setelah makan

Info Harga Bibit

Saat ini bibit pohon jabon merah dengan ukuran 25-30 cm dapat anda dapatkan di wilayah Bogor. Untuk pemesanan, dapat dilakukan melalui email : osel.bogor@gmail.com atau ke info.mitrasejati@gmail.com Pemesanan minimal 10.000 bibit pohon. Untuk wilayah pulau Jawa, pesanan akan diantar ke tempat. Untuk pesanan di luar pulau Jawa, pengiriman dilakukan hingga pelabuhan terdekat di pulau Jawa. Harga penjualan sudah termasuk biaya konsultasi untu proses penanaman dan pertubuhan bibit. 

Sengon Laut = Rp 750,-/plc
Gmelina = Rp 850,-/plc
Jabon = Rp 950,-/plc
Sosis/Cabutan Jabon = Rp 400,-/plc (tinggi 3-5 cm)
Apokat = Rp 900,-/plc
Salak = Rp 900,-/plc
Pinus = Rp 2.000,-/plc
Trembesi/Munggur/Ki Hujan/Saman = Rp 10.000,-/plc (tinggi 1,5 meter)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s